SIBURIAN, AGUSTINA RIZKI (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 1 RAYA T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143341005 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 7143341005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
3. NIM. 7143341005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4. NIM. 7143341005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. NIM. 7143341005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 7143341005 TABLES.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
7. NIM. 7143341005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
8. NIM. 7143341005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
9. NIM. 7143341005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (661kB) | Preview
13. NIM. 7143341005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14. NIM. 7143341005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS Negeri 1 Raya T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Raya T.P 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Raya yang beralamat di Jalan Sutomo No. 68 Raya, Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun.
Jenis Penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 101 orang siswa. Sampel sebanyak 81 orang dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Sebelum digunakan angket tersebut diuji terlebih dahulu. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa angket tersebut valid dan reliabel. Kemudian data yang terkumpul dari hasil angket dianalisis menggunakan regresi linear berganda.
Dari hasil analisis diperoleh bahwa baik secara parsial maupun simultan kedua variabel (kecerdasanemosional dan motivasi belajar) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Raya T.P 2017/2018. Hal ini ditandai dengan t_hitung>t_tabel dimana hasil uji t pada pada variabel kecerdasan emosional sebesar 5,889 lebih besar dari t_tabel 1,665 dan pada variabel motivasi belajar menunjukkan hasil sebesar 7,703 lebih besar dari t_tabel 1,665; dan hasil uji F menunjukkan nilai F_hitung 96,060 lebih besar dari F_tabel 3,11.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 037 |
Keywords: | KECERDASAN EMOSIONAL; MOTIVASI BELAJAR; PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 14:15 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35056 |