NABABAN, YULIANA (2018) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143141106 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM. 71431441106 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
3. NIM. 7143141106 PREFACE.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. NIM. 7143141106 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 7143141106 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM. 7143141106 TABLES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7. NIM. 7143141106 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7143141106 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7143141106 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM. 7143141106 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 7143141106 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 2). Pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, 3). Pengaruh fasilitas belajar dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Medan tahun ajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Medan yang berjumlah 125 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 63 secara random sampling (acak) dan teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Validitas angket di uji dengan rumus Product Momen sedangkan reabilitas angket diuji dengan menggunakan rumus Alpha.
Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 10,626 + 0,471 X1 + 0,374 X2 + e . Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh hasil fasilitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung>ttabel atau 4,373>1,670. Kreativitas belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung>ttabel atau 3,461 >1,670. Uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil fasilitas belajar dan kreativitas belajar siswa berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai fhitung>ftabel atau 84,206>3,15. Berdasarkan uji koefisen determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,737 yang artinya fasilitas belajar dan kreativitas belajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 73,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh fasilitas belajar dan kreativitas belajar siswa secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Medan T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 039 |
Keywords: | FASILITAS BELAJAR, KREATIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 14:11 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35054 |