Mutiara, Bella (2018) HUBUNGAN PENGUASAAN TEORI BERBICARA DENGAN KEMAMPUAN BERDEBAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2133311035 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
02. NIM 2133311035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
03. NIM 2133311035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
04. NIM 2133311035 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
05. NIM 2133311035 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
06. NIM 2133311035 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07. NIM 2133311035 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM 2133311035 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM 2133311035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM 2133311035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM 2133311035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui Hubungan Penguasaan Teori Berbicara dengan Kemampuan Berdebat pada siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan data tes pilihan berganda sebanyak 25 soal dan dan 5 tes esai. Populasi penelitian ini berjumlah 174 siswa. dalam penelitian ini, populasi terdiri dari 5 kelas. Untuk menentukan sampel, penelitian ini menggunakan teknik random samplin (acak) dan pilih satu kelas untuk dijadikan sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan itu. Jadi, analisis korelasional yang digunakan dalam pengolahan data dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dua variabel, hubungan penguasaan teori berbicara dengan kemampuan berdebat.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam penguasaan teori berbicara termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 72,8 sedangkan kemampuan siswa dalam kemampuan berdebat termasuk dalam kateori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 76,57. Selanjutnya sesuai dengan kiteria pengujian dengan uji “r” maka hubungan variabel X dengan Y pada penelitian ini merupakan korelasi yang signifikan, dapat diketahui bahwa variabel penguasaan teori berbicara yang termasuk kategori sangat baik 5 orang, atau 14.28%, kategori baik 16 orang, atau 45.71%, dan kategori cukup 14 orang, atau 40%. Berdasarkan nilai rata-rata yaitu 72.8, maka penguasaan teori berbicara siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan dikategorikan cukup. Selain itu hasil nilai kemampuan berdebat diketahui bahwa yang termasuk kategori sangat baik 18 orang atau 51.42%, kategori baik15 orang atau 42.85%, dan kategori cukup 2 orang atau 5.71%. Dapat diketahui besarnya koefisien determinasi r^2 adalah 0,37 artinya 0,37% variabel Y turut ditentukan oleh variabel X. sehingga semakin baik penguasaan teori berbicara siswa maka semakin baik pula kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan tahun pembelajaran 2017/2018 dalam berdebat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 091 |
Keywords: | Penguasaan, teori berbicara, berdebat |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 13:56 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35037 |