HASIBUAN, FITRI KHOIRUNI (2018) PERBEDAAN PERSEPSI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU ALAM (MIA) DENGAN ILMU-ILMU SOSIAL (IIS) SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141028 COVER..pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 4141141028 APROVAL SHEET..pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM. 4141141028 ABSTRACT..pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
4. NIM. 4141141028 PREFACE..pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4141141028 TABLE OF CONTENT..pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 4141141028 ILLUSTRATION..pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4141141028 TABLES..pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 4141141028 APPENDICES..pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM. 4141141028 CHAPTER I..pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
13. NIM. 4141141028 CHAPTER V..pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas X Peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA) dengan Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) SMA Negeri 1 Labuhan Deli T.P.2017/2018. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Deli T.P.2017/2018 sebanyak 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara acak (cluster random sampling). Instrumen yang digunakan sebanyak 25 soal angket dan lembar observasi aktivitas siswa yang telah di nyatakan valid oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis data persepsi siswa terhadap mata pelajaran biologi di kelas X Peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA) termasuk kriteria tinggi (79,93 ± 10,88). Sedangkan, pada kelas X Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) termasuk kriteria tinggi juga yaitu (76,9 ± 14,23). Berdasarkan analisis data aktivitas belajar pada mata pelajaran biologi di kelas X Peminatan Matematika Ilmu Alam (MIA) termasuk dalam tingkatan aktivitas baik (75,33 ± 67,59). Sedangkan, pada kelas X Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) termasuk tingkatan aktivitas cukup baik (71,33 ± 64,43). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bahwa ada perbedaan yang signifikan persepsi dan aktivitas belajar siswa kelas X Peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA) dengan Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) SMA Negeri 1 Labuhan Deli T.P. 2017/2018 pada taraf signikan α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 075 |
Keywords: | Persepsi siswa, Aktivitas siswa, Peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA), Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 13:54 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35035 |