RIZKI, HARIMAN MUHAMMAD (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI BERGULING KEDEPAN DENGAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIIISMP NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 6141111027 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
02. NIM 6141111027 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
03. NIM 6141111027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
04. NIM 6141111027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
05. NIM 6141111027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
06. NIM 6141111027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM 6141111027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM 6141111027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
09. NIM 6141111027 BAB I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
13. NIM 6141111027 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM 6141111027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Berguliung Kedepan Dengan Menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal Dan Modifikasi Alat Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018”. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Medan dengan jumlah siswa 40 orang, terdiri dari 23 orang siswa putra dan 17 orang siswa putri.
Berdasarkan tes awal hasil belajar keterampilan Senam Lantai Berguling Kedepan 19 siswa telah tuntas (47,5%) dan 21 siswa tidak tuntas (52,5%) dengan nilai rata-rata klasikal 47,5. Dari observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran senam lantai berguliung kedepan dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal dan modifikasi alat, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori baik (87,5). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (92,5). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran senam lantai berguliung kedepan dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal dan modifikasi alat, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori baik (80). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (90). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan berguling kedepan maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan lembar penilian siswa yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 28 siswa (70%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa (30%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar 74,97. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 35 siswa (87,5%) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (12,5%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar 86,87. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85 %.
Berdasarkan hasil analisa data diperoleh kesimpulan bahwa melalui gaya mengajar resiprokal dan modifikasi alat dapat memberikan pengaruh dalam upaya meningkatkan hasil belajar senm lantai berguling kedepan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 082 |
Keywords: | SENAM LANTAI BERGULING KEDEPAN, PENELITIAN TINDAKAN KELAS |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV460 Gymnastics. Gymnastic exercises |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:12 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34966 |