ANDRIANSYAH (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA AL WASHLIYAH 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.6142111002 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM.6142111002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
3. NIM.6142111002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM.6142111002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM.6142111002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM.6142111002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 6142111002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 6142111002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 6142111002 BAB I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
13. NIM. 6142111002 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 6142111002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli dalam permainan bola voli pada siswa kelas VIII SMPS Al Washliyah 4 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPS Al Washliyah 4 Medan dengan jumlah siswa 17 orang, yang keseluruhannya terdiri dari 3 siswa putri dan 14 orang siswa putra.
Berdasarkan observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran passing baah bola voli melalui gaya mengajar inklusi, pada tahap awal kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (76,38). Sedangkan kemampuan guru setelah di berikan perlakuan dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (90,27). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli melalui gaya mengjar inklusi, pada tahap awal (setelah di beri perlakuan) keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (75.55). Sedangkan setelah di berikan perlakuan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (91.1). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan passing bawah maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 10 siswa (58,82%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 7 siswa (41,18 %) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata klasikal 78,21. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 15 siswa (88,24 %) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 2 siswa (11,76%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai klasikal 85,40. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85 %.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMPS Al Washliyah 4 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 083 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:11 |
Last Modified: | 12 Jul 2019 05:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34964 |