MADYA, AWANY INTAN (2018) EFEKTIVITAS MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X MAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2141111007 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 2141111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
3. NIM 2141111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. NIM 2141111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM 2141111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM 2141111007 TABLES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM 2141111007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 2141111007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM 2141111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
13. NIM 2141111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM 2141111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis puisi siswa dengan menggunakan model experiential learning di kelas X MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan tahun pembelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah 351 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas X MIA-6 dengan jumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan model one group pretest dan posttest design. Rata-rata menulis puisi sebelum menggunakan model experiential learning sebesar 54,33, dengan standar deviasi 10,726 dan standar error 1,958. Rata-rata menulis puisi sesudah menggunakan model experiential learning sebesar 79,33, dengan standar deviasi 11,121 dan standar error 2,03. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis yang diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan. Hasil uji normalitas untuk data sebelum menggunakan model experiential learning adalah (Lhitung 0.152 < Ltabel 0,161). Hasil uji normalitas untuk data sesudah menggunakan model experiential learning (Ltabel 0,161 < Lhitung 0,291). Hasil uji homogenitas sesudah menggunakan model experiential learning adalah Fhitung < Ftabel (1,04 < 4,01) dan uji hipotesis thitung > ttabel (9,09 > 1,70). Jadi, dapat disimpulkan bahwa menulis puisi sesudah menggunakan model experiential learning lebih efektif dibandingkan menulis puisi sebelum menggunakan model experiential learning di kelas X MIA-6 MAN 1 Medan tahun pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 098 |
Keywords: | Experiential Learning, Menulis, Puisi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:55 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34950 |