SARAGIH, ELSA JAYANTI (2018) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI PERKEMBANGAN DAN PENINGGALAN KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA PADA SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 2 BABALAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3141131014 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 3141131014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
3. NIM. 3141131014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 3141131014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 3141131014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 3141131014 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 3141131014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3141131014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
13. NIM. 3141131014 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 3141131014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui aktivitas siswa pada kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran visual dan kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran audiovisual, 2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran visual dan kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran audiovisual, 3) mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi perkembangan dan peninggalan kerajaan islam di indonesia pada semester genap.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Babalan Tahun 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 9 kelas dan berjumlah 286 siswa dan sampel adalah 64 siswa yang diambil berdasarkan kelas yang memiliki prestasi belajar terendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif Kuantitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) aktivitas siswa pada kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran visual dan kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran audiovisual, dengan kelas eksperimen yakni pada kegiatan awal dengan 80%, kegiatan inti dengan 100% dan kegiatan akhir dengan 80% sedangkan pada kelas kontrol yakni pada kegiatan awal dengan 80%, kegiatan inti dengan 80% dan kegiatan akhir dengan 80%, 2) hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran visual dan kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran audiovisual, dengan kelas eksperimen memperoleh jumlah nilai 1.735 dengan rata-rata 54,21 sedangkan kelas kontrol jumlah nilai 1.495 dengan rata-rata 46,71, 3) Dari perhitungan uji t kedua pihak diperoleh thitung = 25,953 dan ttabel = 2,000. Maka dapat diperoleh thitung > ttabel, maka Ho diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 074 |
Keywords: | Media Pembelajaran Audio Visual, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP100 Sacred books > BP137 Koranic and other Islamic legends B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP173.25 Islamic sociology L Education > LC Special aspects of education M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M1470 Aleatory music. Electronic music. Mixed media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:50 |
Last Modified: | 24 Jun 2019 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34945 |