SIDAURUK, JUSTIN HASIHOLAN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM_ 5113311011 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM_ 5113311011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
3. NIM_ 5113311011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM_ 5113311011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM_ 5113311011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM_ 5113311011 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM_ 5113311011 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM_ 5113311011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM_ 5113311011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. NIM_ 5113311011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM_ 5113311011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ilmu bahan bangunan dengan penerapan model pembelajaran Inquiry dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X program keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton semester genap tahun ajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Pematang Siantar pada Program Keahlian Konstruksi Batu dan Beton Tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes objektif untuk data hasil belajar ilmu bahan bangunan. Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskripsi dan interpolasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar pada mata pelajaran ilmu bahan bangunan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Dilihat dari rata-rata hasil belajar kelas Eksperimen sebesar 23,90 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas Kontrol sebesar 19,00. (2) Model Pembelajaran Inquiry memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan setelah diberi perlakuan dilihat dari perhitungan uji-t satu arah yaitu atau .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 032 |
Keywords: | Inquiry, Penguasaan Ilmu Bahan Bangunan, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education N Fine Arts > NA Architecture > NA4100 Special classes of buildings T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:49 |
Last Modified: | 02 May 2019 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34944 |