PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR

SIDAURUK, JUSTIN HASIHOLAN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM_ 5113311011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM_ 5113311011 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM_ 5113311011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM_ 5113311011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM_ 5113311011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM_ 5113311011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM_ 5113311011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM_ 5113311011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM_ 5113311011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM_ 5113311011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM_ 5113311011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM_ 5113311011 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM_ 5113311011 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM_ 5113311011 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM_ 5113311011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM_ 5113311011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM_ 5113311011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM_ 5113311011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM_ 5113311011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM_ 5113311011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM_ 5113311011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM_ 5113311011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ilmu bahan bangunan dengan penerapan model pembelajaran Inquiry dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X program keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton semester genap tahun ajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Pematang Siantar pada Program Keahlian Konstruksi Batu dan Beton Tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes objektif untuk data hasil belajar ilmu bahan bangunan. Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskripsi dan interpolasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar pada mata pelajaran ilmu bahan bangunan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Dilihat dari rata-rata hasil belajar kelas Eksperimen sebesar 23,90 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas Kontrol sebesar 19,00. (2) Model Pembelajaran Inquiry memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan setelah diberi perlakuan dilihat dari perhitungan uji-t satu arah yaitu atau .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BAN 032
Keywords: Inquiry, Penguasaan Ilmu Bahan Bangunan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NA Architecture > NA4100 Special classes of buildings
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 10:49
Last Modified: 02 May 2019 05:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34944

Actions (login required)

View Item
View Item