ANITA (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 107399 BANDAR KHALIPAH TA. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111006_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1141111006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. NIM. 1141111006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 1141111006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM. 1141111006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1141111006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1141111006_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1141111006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1141111006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 1141111006_BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
11. NIM. 1141111006_BAB II.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
12. NIM. 1141111006_BAB III.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
13. NIM. 1141111006_BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 1141111006_BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
15. NIM. 1141111006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
16. NIM. 1141111006_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Menghargai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia di kelas V dengan menggunakan metode Brainstorming .
Jenis penelitian ini adalah Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SD Negeri 107399 Bandar Khalipah yang berjumlah 39 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi Menghargai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia di kelas V. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus yakni siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes dan observasi.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : nilai rata-rata dari 39 siswa hasil belajar pada pretest hanya 4 siswa (10,25%) yang mendapat nilai tuntas dan sebanyak 35 (89,74 %) siswa yang belum mendapat nilai tuntas. Dari data post test yang telah dilakukan pada siklus I terdapat 15 (38,46%) siswa yang tuntas dan sebanyak 24 (61,53%) siswa yang belum tuntas dengan rata-rata nilai siswa post test siklus I adalah 63,46. Dari data post test yang telah dilakukan pada siklus II terdapat 36 siswa (92,30%) yang tuntas dan sebanyak 3 siswa (7,69%) yang belum tuntas dengan rata-rata nilai siswa di post test siklus II adalah 79,87. Dari data observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 75 dengan demikian hasil observasi tergolong baik. Dari data observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 77,77 dengan demikian hasil observasi tergolong baik. Dari data observasi guru siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 72,22 dengan demikian hasil observasi tergolong baik. Dari data observasi guru siklus I pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 79,16 dengan demikian hasil observasi tergolong baik. Dari data observasi aktivitas siswa siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 91,66 dengan demikian hasil observasi tergolong sangat baik. Dari data observasi aktivitas siswa siklus II pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 94,44 dengan demikian hasil observasi tergolong sangat baik. Dari data observasi guru siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 91,66 dengan demikian hasil observasi tergolong sangat baik. Dari data observasi guru siklus II pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 93,05 dengan demikian hasil observasi tergolong sangat baik.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Brainstorming terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Menghargai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia Kelas V SD Negeri 107399 Bandar Khalipah Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 82,05% terhitung dari Pre Test hingga Post Test Siklus II. Hal ini dibuktikan dari persentase 92,30 % - 10,25 % = 82,05 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 419 |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:45 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34940 |