SIMANULLANG, SUCI DWI RAHMA (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA DI KELAS V SD NEGERI 1001800 DELI TUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111061_COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 1143111061_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 1143111061_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM. 1143111061_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM. 1143111061_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 1143111061_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143111061_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143111061_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1143111061_BAB I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. NIM. 1143111061_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 1143111061_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah-masalah yang ditentukan dalam penetian ini yaitu : kurangnya kemampuan dalam pengelolaan kelas dan masih menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Center), hasil belajar siswa yang masih rendah yang disebabkan oleh siswa kurang memahami teori dan kurangnya penggunaan variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Tujian dari peneliti ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajran Think Pair Share pada mata pelajaran IPA materi Cahaya dan Sifat-sifatnya di kelas V SD Negeri 101800 Deli Tua. Maka untuk mencapai dari penelitian tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran Think Pair Share yang terdiri dari beberapa tahap, a) berfikir, b) berpasangan, c) berbagi.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101800 Deli Tua dengan jumlah siswa 32 orang. Adapun jenis penelitian ini adah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahnwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 25 siswa (79%) yang belum tuntas belajar, 7 siswa (21%) yang tuntas belajar. Pada siklus I terdapat 11 siswa (35%) yang tuntas belajar, 21 siswa (65%) yang tuntas belajar. Pada siklus II terdapat 3 siswa (9%) yang belum tuntas belajar, 29 siswa (91%) yang tuntas belajar.
Maka kesimpulannya adalah model pembelajaran Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu melatih siswa untuk berfikir secara kritis, sehingga hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 421 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography > GB400 Geomorphology. Landforms. Terrain > GB561 Other natural landforms: Floodplains, caves, deserts, dunes, etc. L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:43 |
Last Modified: | 26 Apr 2019 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34937 |