Manurung, Desima (2018) EVALUASI KEBERADAAN SARANA DAN PRASARANA PAUD SE- KECAMATAN AJIBATA KABUPATEN TOBA SAMOSIR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143313007_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1143313007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
3. NIM. 1143313007_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 1143313007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 1143313007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1143313007_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1143313007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 1143313007_BAB I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
12. NIM. 1143313007_BAB V.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
13. NIM. 1143313007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat pemenuhan standar sarana prasarana di PAUD/TK se-Kecamatan Ajiata. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi kesenjangan (discrepancy evaluation model) yang dikembangkan oleh M. Provus Variabel penelitian ini adalah sarana prasarana yang terdapat di PAUD/TK se-Kecamatan Ajibata. Setting penelitian ini adalah PAUD/TK se-Kecamatan Ajibata. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu metode observasi langsung dan metode dokumentasi atau studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan daftar cocok dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: sebagian besar PAUD/TK se-Kecamatan Ajibata belum sepenuhnya memiliki sarana prasarana yang dibutuhkan dalam pembelajaran, dan masih diperlukan peningkatan sarana prasarana agar pemenuhan standar sarana prasarana lebih maksimal. Tingkat pemenuhan standar sarana prasarana di PAUD/TK se-Kecamatan Ajiabata belum mencapai tingkat pemenuhan maksimal. Sebagian besar PAUD/TK se-Kecamatan Ajibata baru mencapai kategori memenuhi. Terdapat dua sekolah yang termasuk kedalam kategori memenuhi, dan satu sekolah yang termasuk kedalam kategori belum memenuhi dan memiliki tingkat pemenuhan terendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 050 |
Keywords: | evaluasi,sarana dan prasarana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:41 |
Last Modified: | 12 Jul 2019 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34935 |