Lingga, Tiurma (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIC PADA PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 34 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3142111026 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 3142111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3. NIM 3142111026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM 3142111026 ACKNOWLEDGEMEN.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
5. NIM 3142111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 3142111026 LIST OF CHART.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 3142111026 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 3142111026 LIST OF ATTAHCMENT.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 3142111026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
13. NIM 3142111026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 3142111026 BLIBIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintific pada pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Medan tahun pelajaran 2017/2018. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan atau memaparkan masalah yang ada untuk mengetahui analisis data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 34 Medan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 280 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditetapkan secara acak sederhana (Random Sampling ) sebanyak 20 % dari 280 siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Medan sebanyak 56 orang siswa. Pada penelitian ini teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis kolerasi. Teknik ini berfungsi untuk mengolah data kuantitatif untuk menghitung koefisien pengaruh pendekatan saintific terhadap hasil belajar siswa digunakan rumus statistika kolerasi product moment. Dari analisis data dari kolerasi variabel x dan variabel y menunjukkan nilai dari hasil perhitungan rhitung adalah 0,423 rtabel pada n = 56 sementara rtabel menunjukkan angka 0,258 dengan demikian rhitung> rtabel atau 0,423>0,258, pada taraf signifikan 5%. “t“dengan hasil yang diperoleh adalah thitung = 3,785 dengan rtabel = 0,263 dengan demikian thitung > ttabel 3,785 > 0,263 pada taraf signifikan 5 % pada derajat kebebasan = N-2 (56-2=54). dan dapat diterima. Berdasarkan hasil pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hipotesis kerja (Ha) pada penelitian ini “Ada Pengaruh pendekatan saintific terhadap pembelajaran PPKn pada hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Medan tahun pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 073 |
Keywords: | Pendekatan Saintific; hasil Belajar |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:38 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34932 |