Lubis, Mintana Khoiriah (2018) ANALISIS KESESUAIAN MATERI AJAR PADA BUKU MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS XI DENGAN SOAL-SOAL UJIAN NASIONAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4141141044 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM.4141141044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4. NIM. 4141141044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 4141141044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 4141141044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 4141141044 TABLES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
8. NIM. 4141141044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 4141141044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM. 4141141044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 4141141044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kesesuaian antara materi ajar buku
Biologi SMA kelas XI dengan soal-soal Ujian Nasional. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dengan populasi seluruh soal Ujian Nasional dan buku ajar yang
diterbitkan oleh penerbit nasional. Sampel dalam penelitian naskah soal Ujian
Nasional lima tahun terakhir yaitu tahun 2013-2017 dan buku yang digunakan yaitu
penerbit buku Erlangga, Grafindo, Bailmu, Yudhistira. Pemetaan soal ujian
nasional dengan tuntunan kompetensi silabus materi yang paling sering muncul
pada soal UN 2013 sampai 2017 adalah materi pada Kompetensi Dasar 3.1
Memahami komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan
oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung didalam sel sebagai unit terkecil
kehidupan dan Kompetensi Dasar 3.2 Menganalisis bioproses pada sel yang
meliputi: mekanisme transport membran (difusi, osmosi, transfor aktif, endositosis
dan eksositosis) dan proses-proses lainnya sebagai hasil aktivitas berbagai organel
sel dengan jumlah 10 soal (rata-rata 2 soal pertahun). Pemetaan kesesuaian dilihat
dari tingkat kesesuaian secara langsung, tersirat dan tidak ada jawaban serta
dilakukan analisis Taksonomi Bloom. Jumlah soal UN materi kelas XI SMA tahun
2013 sampai 2017 sebanyak 56 butir soal. Buku biologi yang memiliki tingkat
kesesuaian secara langsung yang paling tinggi terhadap soal UN adalah terbitan
Bailmu sebanyak 77%, secara tersirat adalah terbitan Erlangga sebanyak 12% dan
secara tidak ada jawaban adalah terbitan Grafindo sebanyak 41%. Analisis
Taksonomi Bloom soal UN tahun 2013 sampai 2017 yang paling banyak adalah C2
(memahami) sebanyak 45,8%, C4 (menganalisis) sebanyak 17,8%, C5 (menilai)
sebanyak 17,8%, C3 (menerapkan) sebanyak 15,8%, C1 (mengingat) sebanyak
1,8% dan C6 (mencipta) sebanyak 0%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 090 |
Keywords: | Pemetaan, Kompetensi dasar, Soal-Soal Ujian Nasional, Taksonomi Bloom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:32 |
Last Modified: | 15 Apr 2020 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34928 |