HASTUTI, SRI (2018) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ANANDA MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143313028_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1143313028_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM. 1143313028_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM. 1143313028_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 1143313028_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6. NIM. 1143313028_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM. 1143313028_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
8. NIM. 1143313028_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
9. NIM. 1143313028_BAB I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
13. NIM. 1143313028_BAB V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
14. NIM. 1143313028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal anak
yang belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh permainan tradisional ular naga terhadap peningkatan
kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Medan Tahun
Ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang diguakan adalah quasi experiment dengan desain
penelitian the equivalen time samples design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh anak kelompok B yang terdiri dari kelas B1 dan B2 di PAUD Anada
Medan yang berjumlah 27 anak. Teknik pengambilan yang dilakukan dengan
teknik purposive random sampling dan menjaring sampel kelas B1 sebanyak 15
anak. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi terhadap
kecerdasan interpersonal anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
statistik nonparametrik yaitu uji tes Friedman.
Hasil analisis data menunjukkan pada observasi I diberikan perlakuan
( ) permainan tradisional ular naga diperoleh nilai rata-rata 10,53 artinya
berkembang sesuai harapan (BSH), Pada observasi II tidak diberikan perlakuan
( ) diperoleh nilai rata-rata 7,4 artinya belum berkembang (BB). Pada observasi
III diberikan perlakuan ( ) permainan tradisional ular naga diperoleh nilai ratarata
13,86 artinya berkembang sangat baik (BSB). Pada observasi IV tidak
diberikan perlakuan ( ) diperoleh nilai rata-rata 8,06 artinya mulai berkembang
(MB). Dari hasil data tersebut terlihat bahwa pada pemberian perlakuan
permainan radisional ular naga memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan
tidak diberikan perlakuan. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji tes Friemann
diperoleh
= 3798,6
= 7,82 pada taraf db = 0,05. Dengan demikian
dapat dinyatakan bahwa permainan tradisional ular naga dapat memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun
di PAUD Ananda Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 052 |
Keywords: | kecerdasan interpersonal; permainan; PAUD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:31 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34926 |