Ginting, Ernis Hiasinta (2018) PENGARUH KEGIATAN BERMAIN MELEMPAR BOLA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ASSISI MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143113007_COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 1143113007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM. 1143113007_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 1143113007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1143113007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 1143113007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143113007_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1143113007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143113007_BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM. 1143113007_BAB V.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
14. NIM. 1143113007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah masih rendahnya
keterampilan motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh kegiatan bermain melempar bola terhadap perkembangan motorik kasar
anak usia 4-5 tahun di Tk Assisi Medan T.A 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksprimen dengan rancangan penelitian Quasi Exprerimental Design dengan
bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel kelas dilakukan
secara acak (random) kelas A1 dijadikan kelas kontrol berjumlah 22 orang anak
dan kelas A2 dijadikan kelas eksprimen berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan
data dengan melakukan observasi. Instrumen penelitian berupa panduan observasi
berbentuk kisi-kisi instrumen yang berisi daftar jenis kegiatan atau perilaku yang
timbul yang akan diamati. Analisis data statistik yang digunakan ialah uji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis deskriptif menunjukan permainan melempar bola lebih
baik dibandingkan kelas kontrol, nilai tertinggi 18 sedangkan pada kelas kontrol
diperoleh nilai tertinggi 14, rata-rata pada kelas eksprimen 14,54 dan untuk kelas
kontrol 10,68. Jumlah anak yang mendapat nilai diatas rata-rata di kelas
eksprimen ada 11 anak (50%) sedangkan pada kelas kontrol anak yang mendapat
nilai diatas rata-rata ada 8 anak (36,36%), sebaliknya jumlah anak di kelas kontrol
yang mendapat nilai dibawah rata-rata lebih banyak (54,54%) dibandingkan di
kelas eksprimen (45,5%).
Berdasarkan hasil data tersebut menyatakan bahwa data berdistribusi
normal dan mempunyai varians yang sama atau homogen terpenuhi untuk kedua
kelompok data. Hasil uji hipotesis diketahui 6,012 > 1,685.
Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan bermain
melempar bola terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK
ASSISI MEDAN T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 053 |
Keywords: | motorik kasar; anak; usia 4- 5 tahun; permainan melempar bola |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:19 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34917 |