ANDINI, MAYA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MAKE A MATCH DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SUB MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143141036 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4143141036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. NIM 4143141036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
4. NIM 4143141036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM 4143141036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 4143141036 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 4143141036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4143141036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4143141036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
13. NIM 4143141036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
14. NIM 4143141036 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Make a Match dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada sub materi sistem ekskresi di kelas XI MIA SMA Negeri 10 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan Quasi experiment (eksperimen semu). Sampel penelitian di ambil secara random sampling (sampel acak) sebanyak 71 siswa, yaitu kelas XI MIA2 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas Make a Match dan kelas XI MIA4 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 30 soal yang telah di validasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model Make a Match adalah 85,45 dengan SD 5,78 dan nilai hasil belajar siswa dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah 90,08 dengan SD 5,07. Perbedaan hasil belajar siswa diuji menggunakan uji t (dua pihak) dengan α = 0,05. Data menunjukkan bahwa hasil thitung = -3,61 dan tidak terletak antara ttabel -1,997 hingga 1,997 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Make a Match dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada sub materi sistem ekskresi di kelas XI MIA SMA Negeri 10 Medan tahun pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 100 |
Keywords: | Perbedaan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Cooperative Integrated Reading and Composition. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:52 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34885 |