BR TARIGAN, ELYSARANI (2018) ANALISIS HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMEDIA POWERPOINT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141131011 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 4141131011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM. 4141131011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4. NIM. 4141131011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 4141131011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 4141131011 TABLES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. NIM. 4141131011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4141131011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
9. NIM. 4141131011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
13. NIM. 4141131011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM. 4141131011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar kimia siswa dengan ketuntasan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), mengetahui sikap sosial siswa dalam proses pembelajaran, mengetahui perbedaan hasil belajar, korelasi antara sikap sosial siswa terhadap hasil belajar, serta model mana yang paling efektif digunakan dalam model pembelajaran dalam memberikan kontribusi yang tinggi terhadap hasil belajar siswa dan sikap sosial siswa. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Tigapanah. Populasi dalam penelitian adalah seluruh SMA di Kecamatan Tigapanah. Sampel ditetapkan secara purposif sampling dengan menggunakan 3 kelas. Eksperimen pertama diberi pengajaran menggunakan model problem based learning dengan media powerpoint melalui pendekatan saintifik. Eksperimen kedua diberi pengajaran menggunakan media powerpoint melalui pendekatan saintifik. Eksperimen ketiga diberi pengajaran menggunakan pendekatan saintifik. Hasilnya menunjukkan perolehan persentase nilai ketuntasan siswa dari eksperimen 1 sebesar 75%, eksperimen 2 dan eksperimen 3 sebesar 45,83 %. Diperoleh persentasi nilai sikap sosial eksperimen 1 yang tergolong ke kategori tinggi 54,2 % dan yang tergolong kategori cukup 45,8 %. Nilai dari sikap sosial siswa dari eksperimen 2 yang tergolong ke kategori tinggi sebesar 58,8 % dan yang tergolong kategori cukup sebesar 41,2 %. Nilai dari sikap sosial siswa dari eksperimen 3 yang tergolong ke kategori tinggi sebesar 66,7 %, yang tergolong kategori cukup sebesar 29,2 %, dan yang tergolong kategori kurang sebesar 4,1 %. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan adanya perbedaan nilai posttest bahwa hasil belajar eksperimen 1 (73,13) > kelas eksperimen 2 (67,29) > kelas eksperimen 3 (66,88) dan sikap sosial siswa di masing – masing kelas terlihat dari nilai rata – rata sikap sosial siswa, yaitu (70,44) > eksperimen 2 (69,12) > eksperimen 3 (69,79). Dan terdapat korelasi antara sikap sosial dan hasil belajar di masing – masing kelas. Pengajaran dengan model Problem Based Learning dengan media powerpoint melalui Pendekatan Saintifik paling efektif digunakan di dalam pengajaran kepada siswa yang dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar tertinggi sebesar 73,13 dan nilai rata – rata hasil belajar siswa sebesar 70,44.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 052 |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING, POWERPOINT, PENDEKATAN SAINTIFIK, HASIL BELAJAR SISWA, SIKAP SOSIAL SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:49 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34881 |