Siregar, Midian R. (2018) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA KELAS XI IPA SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/ 2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_NIM_4141141042_COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2 NIM 4141141042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
3_NIM_4141141042_ ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
4_NIM_4141141042_PREFACE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5_NIM_4141141042_TABLE_OF_CONTENTS.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6_NIM_4141141042_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7_NIM_4141141042_TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9_NIM_4141141042_CHAPTER_I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
13_NIM_4141141042_CHAPTER_V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14_NIM_4141141042_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa, hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar biologi dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar biologi siswa pada kelas XI IPA SMA Swasta Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Sampel diambil dengan cara total sampling dengan jumlah 68 siswa. Pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan instrumen dokumen yaitu nilai hasil belajar biologi siswa dari ujian akhir semester ganjil dan data kemandirian belajar biologi siswa menggunakan instrumen angket kemandirian belajar biologi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa tergolong baik (72,14) dengan ketercapaian indikator kemandirian mengambil inisiatif untuk bertindak (75%), mengendalikan aktivitas (73%), memberdayakan kemampuan yang dimiliki (67%), dan menghargai hasil kerja sendiri (72%). Kemandirian belajar berhubungan signifikan (positip) dengan hasil belajar biologi siswa, dengan nilai koefisien korelasi 0,613 (berkorelasi sedang) dan persamaan regresi linier Ŷ = 62,818 + 0,26X. Besar kontribusi kemandirian belajar terhadap hasil belajar adalah 38%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa adalah rasa percaya diri (71%), kebiasaan (77%), dan displin (79%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 105 |
Keywords: | Kemandirian Belajar, Faktor-faktor Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:45 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34876 |