Hutagalung, Luvi Yunita (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS X MIA SMA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141037 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 4141141037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM. 4141141037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 4141141037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 4141141037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 4141141037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4141141037 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4141141037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
13. NIM. 4141141037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4141141037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dari aspek kognitif dan indikator pembelajaran, serta factor penyebab kesulitan belajar siswa kelas X MIA SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 pada materi klasifikasi makhluk hidup. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Swasta Parulian 1 Medan yang berjumlah 63 orang. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling. Instrument pengumpulan data penelitian berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan siswa kelas X MIA SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 mengalami kesulitan belajar dalam materi klasifikasi makhluk hidup pada aspek kognitif tertinggi adalah (C4) sebesar 65.08% termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Pada aspek indikator pembelajaran, persentase tertinggi terdapat pada indikator ke-2 (Mengidentifikasi dasar klasifikasi makhluk hidup) siswa mengalami kesulitan belajar dengan persentase sebesar 56.62% termasuk kategori sangat tinggi. Faktor yang berpengaruh dalam kesulitan belajara dalah faktor motivasi, kesehatan, psikiatrik, minat, metode mengajar guru, standar pembelajaran, materi pelajaran, orang tua dan suasana rumah. Faktor lain seperti intelegensi, alat pembelajaran, dan media pembelajan, berada dalam kategori cukup berpengaruh terhadap kesulitan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 110 |
Keywords: | Kesulitan Belajar; Aspek Kognitif; Indikator Pembelajaran; Klasifikasi Makhluk Hidup |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:29 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34857 |