ANALISIS PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LABORATORY DAN REAL LABORATORY DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERFIKIR MATEMATIS SISWA

M, Ruth Indah (2018) ANALISIS PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LABORATORY DAN REAL LABORATORY DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERFIKIR MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4142131014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4142131014 COVER.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4142131014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4142131014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4142131014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4142131014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4142131014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4142131014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4142131014 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4142131014 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4142131014 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4142131014 TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4142131014 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4142131014 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4142131014 APENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4142131014 APENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4142131014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4142131014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 41421311014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 41421311014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.4142131014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.4142131014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis dengan model GIL menggunakan media virtual lab dan real lab, perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang memiliki KBM tinggi dengan siswa yang memiliki KBM rendah, interaksi antara motivasi dan hasil belajar siswa dengan KBM siswa, korelasi antara motivasi dan hasil belajar dan korelasi antara hasil belajar dengan KBM siswa. Penelitian dilakukan di kelas XI SMA Santo Thomas 3 Medan, dengan sampel 80 orang. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan angket yang terstandarisasi dengan teknik analisis data: (1) uji t-pihak kanan (Paired Sample T-Test); (2) uji t-dua pihak (Independent Sample T-test); (3) uji Anava dua jalur (GLM –Univariate); (4) Uji Correlate Product Moment (correlate-bivariate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan model GIL menggunakan media virtual lab dan real lab; (2) terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menerapkan model GIL menggunakan media virtual lab dan real lab; (3) terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang memiliki KBM tinggi dengan siswa yang memiliki KBM rendah; (4) terdapat interaksi antara antara model GIL dan KBM siwa terhadap motivasi dan hasil belajar siswa; (5) terdapat korelasi yang signifikan antara model GIL dengan mengunakan media virtual lab dan real lab; (6) terdapat korelasi yang signifikan antara KBM siswa dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan model GIL menggunakan media virtual lab dan real lab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 070
Keywords: Guided Inquiry Learning, Hasil Belajar, Hidrolisis, Kemampuan Berpikir Matematis, Real Lab, Virtual Lab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 10 Apr 2019 15:13
Last Modified: 19 Jan 2023 08:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34837

Actions (login required)

View Item
View Item