Ginting, Riduan Hilarius (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA SANTA MARIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141141064 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4141141064 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
3. NIM 4141141064 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM 4141141064 PREFACE.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. NIM 4141141064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 4141141064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 4141141064 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 4141141064 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM 4141141064 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM 4141141064 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
14. NIM 4141141064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada materi sistem saraf manusia dan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Santa Maria Medan. Sampel penelitian diambil secara Purvosive Sampling sebanyak 46 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes pilihan berganda dan angket. Data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) persentase tingkat kesulitan belajar siswa pada setiap aspek kognitif soal pengetahuan (C1) sebesar 59,42% termasuk dalam kategori kesulitan sedang. Pemahaman (C2) sebesar 71,73% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi. Aplikasi (C3) sebesar 55,98% termasuk dalam kategori kesulitan sedang. Analisis (C4) sebesar 48,92% termasuk dalam kategori kesulitan sedang. Evaluasi (C5) sebesar 58,70% termasuk dalam kategori kesulitan sedang, dan Kreasi (C6) sebesar 67,57% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi. (2) Persentase kesulitan belajar setiap indikator soal pada materi sistem saraf manusia meliputi : indikator mengidentifikasi, struktur dan fungsi neuron 72,28% termasuk dalam kategori tinggi, indikator mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia sebesar 62,82% termasuk dalam kategori tinggi, indikator mengaitkan struktur fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia sebesar 49,63% termasuk dalam kategori sedang, indikator menyimpulkan gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia sebesar 64,13% termasuk dalam kategori tinggi. (3) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa yaitu materi sistem saraf manusia, metode mengajar guru dan sarana pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 120 |
Keywords: | Aspek Kognitif, Indikator Pembelajaran, Kesulitan Belajar, Sistem Saraf Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:56 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34820 |