ARIANTI, NELVI (2018) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141048 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4141141048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. NIM. 4141141048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
4. NIM 4141141048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
5. NIM 4141141048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM. 4141141048 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 4141141048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 4141141048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 4141141048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
13. NIM. 4141141048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM. 4141141048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran biologi di MAN Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Implementasi Kurikulum 2013 tersebut dideskripsikan berdasarkan tiga aspek yang meliputi ketercapaian perencanaan pembelajaran, ketercapaian pelaksanaan pembelajaran, dan ketercapaian penilaian pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan bentuk cross-sectional survey. Populasi dari penelitian ini adalah semua guru dan siswa di MAN Panyabungan. Sampel yang diambil dari populasi adalah dua guru biologi yang menerapkan Kurikulum 2013 dan 60 siswa kelas XI. Data diperoleh melalui angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data hasil angket, dokumentasi, observasi, dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan hasil wawancara dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas konstruk oleh expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi di MAN Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal pada aspek perencanaan dikategorikan kurang baik. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran dikategorikan baik. Pada aspek penilaian pembelajaran dikategorikan tidak baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 126 |
Keywords: | IMPLEMENTASI, KURIKULUM 2013, PEMBELAJARAN BIOLOGI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:33 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34792 |