SIHALOHO, PIPIN SOLITA (2018) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143331019 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4143331019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
3. NIM. 4143331019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 4143331019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 4143331019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 4143331019 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4143331019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4143331019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 4143331019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
13. NIM. 4143331019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4143331019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan M3PK terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa menggunakan media kartu soal, dan korelasi signifikan antara aktivitas dengan hasil belajar siswa pada materi Hukum Dasar Kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APL SMK Negeri 3 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara acak, yaitu kelas XAPL1 dan XAPL4. Instrumen tes yang digunakan untuk pengumpulan data hasil belajar yaitu pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda soal, distruktor dan reliabilitas. Instrumen non tes berupa lembar observasi yang digunakan sebagai alat pengumpul data aktivitas belajar siswa. Dari analisa data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test berturut-turut kelas eksperimen adalah 38,437 dan 89,062. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test adalah 26,667 dan post-test sebesar 60,278. Sedangkan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan M3PK menggunakan media kartu soal lebih tinggi daripada model konvensional, dengan rata-rata di kelas eksperimen sebesar 76,944 dan di kelas kontrol sebesar 48,025. Analisis data penelitian berdasarkan uji t pihak kanan dan uji korelasi product moment dengan software Microsoft Excel pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar yang diajarkan dengan M3PK menggunakan media kartu soal lebih tinggi daripada model konvensional, (2) aktivitas belajar yang diajarkan dengan M3PK menggunakan media kartu soal lebih tinggi daripada model konvensional, dan (3) ada korelasi yang positif antara aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan M3PK menggunakan kartu soal pada materi Hukum Dasar Kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 087 |
Keywords: | M3PK, MEDIA KARTU SOAL, AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR, HUKUM DASAR KIMIA |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:28 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34785 |