LUMBAN GAOL, ASIMA DEBORA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK DI KELAS XI SEMESTER II SMA N 4 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143121002 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 4143121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM 4143121002 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 4143121002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. NIM 4143121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 4143121002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4143121002 TABLES.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
8. NIM 4143121002 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM 4143121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
13. NIM 4143121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14. NIM 4143121002 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Optik kelas XI SMA N 4 Medan T.P.2017/2018 serta melihat aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian two group pre-tes dan pos-tes. Populasi penelitian ini adalah 320 siswa kelas XI Semester II SMA N. 4 Medan T.P. 2017/2018. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, terdiri dari XI MIA3 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan XI MIA4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jumlah keseluruhan sampel adalah 78 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan essay sebanyak 10 soal yang sudah divalidkan oleh validator. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS diperoleh rata-rata pre-tes yang sama. Kedua data tersebut berasal dari populasi terdistribusi normal dan homogen. Pada pengujian posttest didapat bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis
dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh thitung > maka hipotesis alternative (Ha) diterima, artinya ada perbedaan akibat pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe TPS(Think-Pair-Share) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Optik Kelas XI Semester II SMA N. 4 Medan T.P.2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 082 |
Keywords: | Kooperatif Tipe TPS, Alat Optik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:23 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34781 |