Nasution, Dian Yustika Rini (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP DAN PETA PIKIRAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143331006 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 4143331006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. NIM. 4143331006 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 4143331006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 4143331006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. NIM. 4143331006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7. NIM. 4143331006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4143331006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4143331006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
10. NIM. 4143331006 BAB I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
14. NIM. 4143331006 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
15. NIM. 4143331006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan berbantuan media Peta Konsep dan Peta Pikiran menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi pokok koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas. Teknik analisis data berupa uji hipotesis yaitu uji-t dua pihak. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis pada hasil belajar siswa (posttest) harga -thitung < -t ½ α dan thitung < t ½ α (-2,2181 < -2,002 dan 2,2181 > 2,002) dan berada pada daerah kritis, maka Ho ditolak Ha diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan berbantuan media Peta Konsep dan Peta Pikiran menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi pokok koloid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 090 |
Keywords: | hasil belajar kimia siswa, cooperative integrated reading and composition (circ), peta konsep, peta pikiran, koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:21 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34778 |