MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF THE POWER OF TWO PADA PELAJARANMATEMATIKA KELAS IV SDN 104208 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018

HARAHAP, SITI SUCI AISYAH (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF THE POWER OF TWO PADA PELAJARANMATEMATIKA KELAS IV SDN 104208 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143311062_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143311062_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143311062_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143311062_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143311062_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143311062_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143311062_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143311062_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143311062_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143311062_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143311062_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143311062_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143311062_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143311062_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143311062_DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143311062_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143311062_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143311062_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1143311062_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1143311062_BAB I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143311062_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143311062_BAB V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1143311062_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1143311062_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan Model Kooperatif The Power Of Two Pada Pelajaran Matematika materi pokok bilangan romawi kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat T.A 2017/2018 yang berjumlah 30 orang siswa pada tahun ajaran 2017/2018. Dari hasil analisis data pada kondisi awal menunjukkan bahwa dari 30 orang siswa, sebanyak 6 orang siswa (20%), yang memperoleh motivasi rendah diantara nilai 55-69, 24 orang siswa (80%) yang memperoleh motivasi rendah diantara nilai 0-54. Secara keseluruhan rata-rata motivasi belajar siswa pada kondisi awal tergolong rendah dengan rata-rata 52,04. Dan ditindaklanjutin ke siklus I dengan menggunakan model Kooperatif The Power of Two dengan perolehan hasilnya sebanyak 9 orang siswa (30%) yang memperoleh motivasi tinggi diantara nilai 70-84, 9 orang siswa (30%) yang memperoleh motivasi sedang diantara nilai 55-69, 12 orang siswa (40%) yang memperoleh motivasi rendah diantara nilai 0-54. Secara keseluruhan rata-rata motivasi pada siklus I tergolong sedang dengan rata-rata 68,63. Perolehan pada siklus I secara signifikan meningkatkan dan ditindaklanjutin pada siklus II dengan perolehan hasilnya sebanyak 16 orang siswa (53%) yang memperoleh motivasi tinggi diantara nilai 55-59. Secara keseluruhan rata-rata motivasi pada siklus II tergolong sangat tinggi dengan rata-rata 88,08. Berdasarkan lembar observasi guru mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 82,74 dengan kriteria tinggi. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 97 dengan kriteria sangat tinggi. Dengan demikian hipotesis tindakan yang menyatakan penggunaan model kooperatif The Power of Two dapat meningkatkan motivasi belajar siswa siswa pada pelajaran matematika materi pokok bilangan romawi kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat T.A 2017/2018. Diterima tanpa keragu-raguan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 424
Keywords: MOTIVASI BELAJAR, MODEL KOOPERATIF THE POWER OF TWO
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:04
Last Modified: 27 Feb 2020 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34775

Actions (login required)

View Item
View Item