HARAHAP, SITI SUCI AISYAH (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF THE POWER OF TWO PADA PELAJARANMATEMATIKA KELAS IV SDN 104208 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311062_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1143311062_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM. 1143311062_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM. 1143311062_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1143311062_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 1143311062_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1143311062_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1143311062_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1143311062_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
10. NIM. 1143311062_BAB I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
14. NIM. 1143311062_BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
15. NIM. 1143311062_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan Model Kooperatif The Power Of Two Pada Pelajaran Matematika materi pokok bilangan romawi kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat T.A 2017/2018 yang berjumlah 30 orang siswa pada tahun ajaran 2017/2018. Dari hasil analisis data pada kondisi awal menunjukkan bahwa dari 30 orang siswa, sebanyak 6 orang siswa (20%), yang memperoleh motivasi rendah diantara nilai 55-69, 24 orang siswa (80%) yang memperoleh motivasi rendah diantara nilai 0-54. Secara keseluruhan rata-rata motivasi belajar siswa pada kondisi awal tergolong rendah dengan rata-rata 52,04. Dan ditindaklanjutin ke siklus I dengan menggunakan model Kooperatif The Power of Two dengan perolehan hasilnya sebanyak 9 orang siswa (30%) yang memperoleh motivasi tinggi diantara nilai 70-84, 9 orang siswa (30%) yang memperoleh motivasi sedang diantara nilai 55-69, 12 orang siswa (40%) yang memperoleh motivasi rendah diantara nilai 0-54. Secara keseluruhan rata-rata motivasi pada siklus I tergolong sedang dengan rata-rata 68,63. Perolehan pada siklus I secara signifikan meningkatkan dan ditindaklanjutin pada siklus II dengan perolehan hasilnya sebanyak 16 orang siswa (53%) yang memperoleh motivasi tinggi diantara nilai 55-59. Secara keseluruhan rata-rata motivasi pada siklus II tergolong sangat tinggi dengan rata-rata 88,08. Berdasarkan lembar observasi guru mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 82,74 dengan kriteria tinggi. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 97 dengan kriteria sangat tinggi. Dengan demikian hipotesis tindakan yang menyatakan penggunaan model kooperatif The Power of Two dapat meningkatkan motivasi belajar siswa siswa pada pelajaran matematika materi pokok bilangan romawi kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat T.A 2017/2018. Diterima tanpa keragu-raguan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 424 |
Keywords: | MOTIVASI BELAJAR, MODEL KOOPERATIF THE POWER OF TWO |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:04 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34775 |