ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERMEDIAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KONSEP MOL

SIRINGORINGO, HUTRI AGUSTINA (2018) ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERMEDIAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143131016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143131016 COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143131016 APPROVAL SHEET_docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143131016 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4143131016  ABSTRACT_docx.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4143131016 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143131016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143131016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143131016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4143131016 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4143131016 TABELS.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143131016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143131016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4143131016 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4143131016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143131016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143131016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143131016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143131016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143131016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143131016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diperoleh siswa yang diberikan perlakuan berbeda dalam pembelajaran materi konsep mol, yaitu pembelajaran melalui pendekatan saintifik, pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan saintifik, dan pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (PBL) bermediakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan saintifik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui korelasi antara sikap sosial siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep mol. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPA SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige pada bulan Maret sampai dengan April 2018. Total sampel siswa sebanyak 72 orang, masing-masing 24 orang untuk satu kelas eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan memperhatikan kehomogenan nilai pre-test dan hasil kuesioner. Prasyarat analisis data terlebih dahulu dilakukan untuk mengetahui normalitas dan homogenitas dari data penelitian yang diperoleh. Setelah itu, data kemudian diolah dengan menggunakan bantuan SPSS-21 untuk mengetahui hasil penelitian yang diperoleh dengan : (1) Uji Korelasi Product Moment (Correlate-bivariate); (2) Uji Anava Satu Jalur (One-Way Anova Test); (3) Uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat korelasi yang signifikan antara sikap sosial siswa dengan hasil belajar yang diperoleh di masing-masing kelas eksperimen; (2) Terdapat perbedaan rataan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik = 64,79, Model Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan saintifik = 72,91, dan Model Problem Based Learning (PBL) bermediakan Lembar Kerja Siswa (LKS) melalui pendekatan saintifik = 79,58; (3) Terdapat perbedaan yang nyata pada rataan hasil belajar siswa di setiap kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berbeda dibandingkan dengan nilai BNT = 4,069.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 093
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Saintifik, Sikap Sosial, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 10 Apr 2019 13:55
Last Modified: 27 Feb 2020 02:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34767

Actions (login required)

View Item
View Item