SIRINGORINGO, HUTRI AGUSTINA (2018) ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERMEDIAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143131016 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 4143131016 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3. NIM. 4143131016 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 4143131016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. NIM. 4143131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6. NIM. 4143131016 TABELS.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 4143131016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4143131016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
9. NIM. 4143131016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
13. NIM. 4143131016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM. 4143131016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diperoleh siswa yang diberikan perlakuan berbeda dalam pembelajaran materi konsep mol, yaitu pembelajaran melalui pendekatan saintifik, pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan saintifik, dan pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (PBL) bermediakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan saintifik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui korelasi antara sikap sosial siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep mol. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPA SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige pada bulan Maret sampai dengan April 2018. Total sampel siswa sebanyak 72 orang, masing-masing 24 orang untuk satu kelas eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan memperhatikan kehomogenan nilai pre-test dan hasil kuesioner. Prasyarat analisis data terlebih dahulu dilakukan untuk mengetahui normalitas dan homogenitas dari data penelitian yang diperoleh. Setelah itu, data kemudian diolah dengan menggunakan bantuan SPSS-21 untuk mengetahui hasil penelitian yang diperoleh dengan : (1) Uji Korelasi Product Moment (Correlate-bivariate); (2) Uji Anava Satu Jalur (One-Way Anova Test); (3) Uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat korelasi yang signifikan antara sikap sosial siswa dengan hasil belajar yang diperoleh di masing-masing kelas eksperimen; (2) Terdapat perbedaan rataan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik = 64,79, Model Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan saintifik = 72,91, dan Model Problem Based Learning (PBL) bermediakan Lembar Kerja Siswa (LKS) melalui pendekatan saintifik = 79,58; (3) Terdapat perbedaan yang nyata pada rataan hasil belajar siswa di setiap kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berbeda dibandingkan dengan nilai BNT = 4,069.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 093 |
Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Saintifik, Sikap Sosial, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 13:55 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34767 |