FITRIANA YB, DEBBY (2018) RANGSANG IMITATIF DAN HUBUNGANNYA DENGAN KECERDASAN KINESTETIK DALAM PEMBELAJARAN TARI PADA ANAK USIA DINI DI TK HIIKMATUL FADHILLAH KECAMATAN MEDAN DENAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2131140005 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 2131140005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM. 2131140005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 2131140005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
5. NIM. 2131140005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 2131140005 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 2131140005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 2131140005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 2131140005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. NIM. 2131140005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 2131140005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana hubungan rangsang imitatif terhadap kecerdasan kinestetik dalam pembelajaran tari pada anak usia dini di TK Hikmatul Fadhillah Kecamatan Medan Denai.
Dalam pembahasan ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik penelitian yaitu teori Rangsang Imitatif, Kecerdasan Kinestetik dan Pembelajaran tari pada Anak Usia Dini.
Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif melalui uji kuantitatif. Populasi pada penelitian sekaligus menjadi sampel penelitian yaitu Anak Usia Dini di TK Hikmatul Fadhillah Kecamatan Medan Denai. Teknik pengumpulan data meliputi observasi lapangan, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian dilaksanakan di TK Hikmatul Fadhilah Kecamatan Medan Denai dan dilakukan awal November 2017 hingga Januari 2018. Penelitian ini juga memakai metode deskriptif kuantitaif Korelasi Product Moment Person untuk menguji dua variabel yang berhubungan. Untuk itu Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh Rangsang imitatif terhadap Kecerdasan Kinestetik dalam pembelajaran tari pada anak usia dini di TK Hikmatul FadhillahKecamatan Medan Denai.
Hasil Penelitian diketahui bahwa melalui rangsang imitatif dalam proses pembelajaran tari pada Anak Usia Dini ada hubungan yang positif dan signifikan antara rangsang imitatif terhadap kecerdasan kinestetik Anak Usia Dini di TK Hikmatul Fadhillah Kecamatan Medan Denai yang ditunjukan dengan nilai r = 0.748 yang berada dalam katagori sangat tinggi. Dan sebesar 52,5% persen anak yang terlihat sedang sisanya sebesar 47,5% persen adalah kontribusi oleh variabel lain diluar rangsang imitatif. Terlihat bahwa koefisien rangsang imitatif memberikan pengaruh secara positif dengan berkembangnya kecerdasan kinestetik anak. Jumlah 52,5% yang dihasilkan dari kecerdasan kinestetik, merupakan jumlah nilai yang cukup besar untuk mengetahui hubungan rangsang imitatif terhadap kecerdasan kinestetik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 TARI 014 |
Keywords: | RANGSANG IMITATIF, KECERDASAN KINENSTETIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 13:54 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34766 |