Hutagalung, Syntia Lorenca (2018) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA SANTA MARIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7141141069 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2 NIM. 7141141069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
3 NIM. 7141141069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5 NIM. 7141141069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6 NIM. 7141141069 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7 NIM. 7141141069 GRAPHICS.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8 NIM. 7141141069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
10 NIM. 7141141069 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
14 NIM. 7141141069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
15 NIM. 7141141069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
ekonomi siswa dikelas X IPA SMA Swasta Santa Maria Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan Kolaborasi Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dan Talking Stick lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa Kelas X IPA SMA Swasta Santa Maria Medan pada Semester Genap.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di X IPA SMA Swasta Santa
Maria Medan, Jl.Palang Merah No.15, A U R, Medan Maimun, Kota
Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 50 orang. Sampel yang digunakan, kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing kelas terdiri dari 25 orang orang. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes
berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, realibilitas tes. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis
dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan thitung> ttabel pada α = 0,05
Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest X = 62,4 ; SD = 9,14 dan postes X = 80,8 ; SD = 6,72. Sedangkan kelas kontrol pretes X = 58,8 ; SD = 13,17 dan postest adalah X = 74,2 ; SD = 7,87. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 4,680 sedangkan
ttabel = 1,708. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,680 > 1,708 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dan Talking Stick lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa Kelas X IPA SMA Swasta Santa Maria Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 054 |
Keywords: | SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DAN TALKING STICK, DAN HASIL BELAJAR EKONOMI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 11:39 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 01:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34724 |