LESTARI, NATASHA (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143131027 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4143131027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM 4143131027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM 4143131027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM 4143131027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
10. NIM 4143131027 BAB I.pdf - Published Version
Download (0B)
14. NIM 4143131027 BAB V.pdf - Published Version
Download (0B)
15. NIM 4143131027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa dengan model Dicovery Learning berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash lebih tinggi dari pada peningkatan hasil belajar siswa dengan model konvensional pada materi pokok larutan penyangga dan untuk mengetahui aspek kognitif manakah yang paling berkembang melalui pembelajaran model Dicovery Learning berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 38,78 dan nilai rata-rata posttest 85,79 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 39,77 dan nilai rata-rata posttest adalah 78,13. Gain ternormalisasi kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar kimia kelas kontrol, yaitu 0,7667 (76,67%) dan 0,6280 (62,80%). Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel yakni 5,697 > 1,670 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional. Dari data peningkatan pencapaian indikator lesson study ini terlihat bahwa peningkatan paling besar yaitu pada indikator lima yaitu siswa mendalami pemikirannya sendiri dan indikator enam yaitu siswa mempertahankan motivasi dengan belajar bersama. Aspek kognitif yang paling berkembang melalui pembelajaran Discovery Learning berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash adalah C2 (pemahaman) 75,31%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 100 |
Keywords: | discovery learning, lesson study, macromedia flash, larutan penyangga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 11:36 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34719 |