NST, SITI HARIFA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA (LKPS) TERINTEGRASI INKUARI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141131045 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. NIM 4141131045 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 4141131045 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM. 4141141001 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM. 4141131045 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. NIM. 4141131045 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7. NIM. 4141131045 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
8. NIM. 4141131045 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM. 4141131045 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
13. NIM. 4141131045 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
14. NIM. 4141131045 BILBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kualitas lembar kerja praktikum siswa (LKPS) kimia terintegrasi Inkuiri terbimbing pada pokok bahasan hidrolisis garam. (2) Mengetahui persepsi penggunaan LKS Kimia terintegrasi Inkuari Terbimbing.Metode yang digunakan adalah research and development (R and D), melalui tahapan: analisis, rancangan dan pengembangan. Tahap analisis, yaitu menganalisis LKS yang digunakan di sekolah dilihat dari aspek materi, soal, praktikum, aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, kesesuaian dengan perkembangan ilmu, warna, gambar, halaman, penyajian pembelajaran, ringkasan, dan kunci jawaban. Selanjutnya pada tahap perancangan, LKPS dirancang dengan memperhatikan sintaks pembelajaran dengan model inkuari terbimbing dengan memanfaatkan hal-hal baik dari hasil analisis LKS pada tahap pertama. Pada tahap pengembangan, LKPS diuji kelayakannya oleh dosen dan guru dengan menggunakan instrumen angket dari BSNP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPS yang telah dikembangkan adalah valid dan tidak perlu direvisi menurut persepsi dosen berdasarkan hasil uji kelayakan (Skala 1-5) dari tinjauan isi, bahasa, penyajian dan kegrafikan berturut-turut adalah 4,10; 4,13; 4,27; 4,29 dan 4,2. Rancangan LKS kimia hasil pengembangan dibagikan kepada 3 guru kimia, dan 19 siswa untuk meminta pandangan terhadap LKS kimia dengan menggunakan angket yang telah disediakan oleh peneliti dan mendapat skor 4,04 dengan persentase 81% yang berarti mendapat respon positif. Dari hasil penilaian diperoleh nilai yang valid dan tidak perlu revisi yang berarti LKS kimia dengan pendekatan saintifik layak untuk digunakan dan mendapat tanggapan yang positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 120 |
Keywords: | Lembar kerja praktikum siswa, inkuari terbimbing, hidrolisis garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 09:57 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34619 |