SYAHPUTRA HRP, ARDIAN (2018) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJA KETERAMPILAN MEMBUBUT KELAS XI TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133321026 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 5133321026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
3. NIM. 5133321026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4. NIM. 5133321026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 5133321026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM. 5133321026 TABLES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM. 5133321026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM. 5133321026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM. 5133321026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
13. NIM. 5133321026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM. 5133321026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) hubungan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar keterampilan membubut, (2) hubungan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar keterampilan membubut, (3) hubungan antara disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar keterampilan membubut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Mesin Produksi (MP) di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 89 orang. Dalam penelitian ini teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Adapun jumlah sampel adalah 89 orang. Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu instrumen diujicobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian. Yakni siswa kelas XI TP A SMK N 1 Lubuk Pakam sebanyak 30 orang. Metode penelitian dilakukan dengan jenis penelitian korelasional. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar keterampilan membubut dengan koefisien korelasi 0,433 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,05. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar keterampilan membubut dengan koefisien korelasi 0,616 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,05. (3) terdapat hubungan antara disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar keterampilan membubut dengan persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 33,946 + 0,460 X1 + 0,512 X2. Persamaan regresi ini signifikan karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar dan motivasi belajar mempunyai hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar keterampilan membubut. Dengan demikian sekolah perlu meningkatkan disiplin belajar dan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajar keterampilan membubutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 045 |
Keywords: | Disiplin, Motivasi, Prestasi Belajar Keterampilan Membubut |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA213 Engineering machinery, tools, and implements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 14:51 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34534 |