TARIGAN, AYU LISTIAN (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIRC (COOPERATIF, INTEGRATED, READING AND COMPSITION) KELAS V SD NEGERI 104247 TANJUNG MULIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311007_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1143311007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
3. NIM. 1143311007_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 1143311007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM. 1143311007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143311007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1143311007_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1143311007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143311007_BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
13. NIM. 1143311007_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 1143311007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia untuk materi pokok menulis puisi dengan penerapan metode CIRC ( Cooperative, Integrated, Reading, And Composition).
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 104247 Tanjung Mulia yang beralamat Jalan Galang Desa Tanjung Mulia Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten
Negeri No. 104247 Tanjung Mulia T.A. 2017/2018 yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah Observasi.
Hasil pengamatan dan data penelitian yang dilakukan terhadap peningkatan kemampuan menulis puisi siswa pada materi menulis puisi dengan menggunakan metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition) pada kelas V SD Negeri No. 104247 Tanjung Mulia, maka peneliti membuat kesimpulan sebagai berikut : pada siklus I peningkatan kemampuan menulis puisi siswa sudah mulai tampak, namun belum dikatakan berhasil karena masih banyak siswa belum tuntas. Peningkatan kemampuan menulis puisi pada siklus I ada 1 orang siswa (4,34%) yang memperoleh kriteria Sangat Mampu, terdapat 9 orang siswa (39,13%) yang memperoleh kriteria Mampu, 13 orang siswa (56,52) yang memperoleh kriteria Cukup Mampu dan tidak ada siswa yang Belum Mampu menulis. Pada siklus II peningkatan kemampuan menulis puisi siswa sudah tampak dan sudah bisa dikatakan berhasil, karena ada 12 orang siswa yang memiliki kriteria Sangat Mampu (52,17%) dan 11 orang siswa yang memiliki kriteria Mampu (47,82%). Hasil pengamatan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan sebagai berikut: pada siklus I pertemuan 1 dan 2, nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 2,14 yang dikategorikan baik. Pada siklus II pertemuan 3 dan 4 meningkat dengan nilai rata-rata mencapai 3.21 yang dikategorikan sangat baik. Hasil pengamatan lembar observasi guru dalam menerapkan metode CIRC ( Cooperative, Integrated, Reading, And Composition) juga mengalami peningkatan sebagai berikut : pada siklus I pertemuan 1 dan 2, nilai rata-rata lembar observasi adalah 8,0. Pada siklus II pertemuan 3 dan 4 meningkat dengan nilai rata-rata mencapai 92,5.
Hasil Uji Hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode CIRC ( Cooperative, Integrated, Reading, And Composition) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi pokok menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 426 |
Keywords: | kemampuan menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 14:42 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34523 |