PERBEDAAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN GENRE BASED DAN MODEL CONCEPT SENTENCE DI SD IT UMMI AIDA KECAMATAN MEDAN TEMBUNG T.A. 2017/2018

MARDIANA, NUR INDAH (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN GENRE BASED DAN MODEL CONCEPT SENTENCE DI SD IT UMMI AIDA KECAMATAN MEDAN TEMBUNG T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143311042_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143311042_COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143311042_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143311042_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1143311042_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1143311042_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143311042_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143311042_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143311042_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143311042_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143311042_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143311042_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143311042_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143311042_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143311042_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143311042_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143311042_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143311042_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143311042_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143311042_BAB I.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143311042_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143311042_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan mengguankan Pendekatan Genre Based dan Model Concept Sentence.
Masalah dalam penelitian adalah hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IV yang belum maksimal, hal tersebut terlihat pada penggunaan model pembelajaran yang kurang mendukung keaktifan siswa, rendahnya hasil belajar siswa, serta pembelajaran bahasa inggris yang masih terpusat pada guru.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Comparatif dengan menggunakan desain penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SD IT UMMI AIDA MEDAN Kecamatan Medan Tembung Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT UMMI AIDA MEDAN Kecamatan Medan Tembung yang berjumlah 40 siswa, yang terbagi atas 20 siswa kelas IV-A dan 20 siswa kelas IV-B.
Sebelum penelitian dilakukan maka peneliti melakukan uji validitas, reabilitas, dan taraf kesukaran. Pada hasil belajar pretest untuk kelas ekperimen 1 didapat Lhitung< Ltabel (0,098<0.190), sedangkan kelas eksperimen 2 Lhitung< Ltabel (0,089<0,190). Dan pada hasil posttes kelas eksperimen 1 Lhitung< Ltabel (0,171<0,190), sedangkan pada kelas eksperimen 2 Lhitung< Ltabel (0,142<0,190). Maka dapat disimpulkan data terdistribusi dengan normal. Uji Homogenitas menggunakan Uji Fisher, pada hasil belajar pretest diperoleh Fhitung< Ftabel (1,09<2,17), dan hasil posttest diperoleh Fhitung< Ftabel (2,02<2,17), dapat disimpulkan bahwa sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Rata-rata skor kelas eksperimen 1 didapat 78,75 dan rata-rata skor kelas eksperimen 2 sebesar 68. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat thitung> ttabel (2,67 >2,02), dengan taraf signifikan α=0,05.
Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan Pendekatan Genre Based dan Model Concept Sentence.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 430
Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Genre Based, Model Concept Sentence
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 14:01
Last Modified: 26 Feb 2020 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34506

Actions (login required)

View Item
View Item