RAJAGUKGUK, DORLINA (2018) PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATANIAGA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN ANGKATAN 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7142141006 COVER. Pdf.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 7142141006 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
3. NIM 7142141006 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM 7142141006 ABSTRACK.pdf.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
5. NIM 7142141006 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 7142141006 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NIM 7142141006 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 7142141006 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM 7142141006 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM 7142141006 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
14. NIM 7142141006 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah buruknya perilaku belajar dan
manajemen waktu mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Stambuk 2015 yang
mengakibatkan rendahnya prestasi akademik mahasiswa. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku belajar dan
manajemen waktu terhadap prestasi akademik mahasiswa angkatan 2015.
Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini
adalah expost facto dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total
sampling atau seluruh populasi penelitian yaitu sebanyak 91 orang mahasiswa.
Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi,
dan angket atau kuisioner. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan
reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Software SPSS versi 20.
Teknik analaisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, uji
heterokedastisitas, uji multikolinearitas, analisis linear berganda, koefisien
determinasi dan uji hipotesis yaitu : uji t dan uji F yang dilakukan menggunakan
Software SPSS versi 20.
Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y = 32,444 + 0,413X1 +
0,278X2 dengan koefisien determinasi sebesar 50%. Sedangkan hasil uji t
menunjukkan bahwa secara parsial perilaku belajar mahasiswa memiliki pengaruh
yang positf dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai
thitung > ttabel (5,670>1,987) pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05, manajemen
waktu memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik
mahasiswa dengan thitung > ttabel (3,806>1,987) pada taraf signifikan 95% atau α =
0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa perilaku belajar dan manajemen waktu
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa
dengan nilai Fhitung > Ftabel (43,971>3,10) pada taraf signifikansi α 0,000 < 0,05).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat
pengaruh positif dan signifikan perilaku belajar dan manajemen waktu terhadap
prestasi akademik mahasiswa baik secara parsial dan simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 NIAGA 028 |
Keywords: | Perilaku Belajar; dan Manajemen Waktu terhadap Prestasi Akademi Mahasiswa |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 13:48 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34489 |