PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS INQUIRY TRAINING PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

SILALAHI, SRI EMELDA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS INQUIRY TRAINING PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143321040. COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143321040. COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143321040. APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143321040. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4143321040. BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4143321040. BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4143321040. ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4143321040. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.  4143321040. PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143321040. PREFACE.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3143321040. TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3143321040. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143321040. ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143321040. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4143321040. TABLE.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4143321040. TABLE.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.4143321040 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM.4143321040 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4143321040. CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4143321040. CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3143321040. CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3143321040. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4143321040. BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4143321040. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Fisika berbasis inquiry training pada materi momentum dan impuls untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini meliputi empat tahap, yaitu (1) analisis kebutuhan materi, (2) perancangan dan pengembangan bahan ajar, (3) validasi bahan ajar sesuai dengan angket penilaian BSNP, dan (4) uji coba. Instrumen pengumpul data menggunakan angket penilaian LKS dan tes keterampilan proses sains siswa.
Penelitian diawali dengan memilih silabus kurikulum 2013, kemudian menganalisis LKS yang tersedia di sekolah. LKS yang sudah dianalisis kemudian dikembangkan dan disusun dalam bentuk draf LKS. LKS yang sudah disusun divalidasi dengan angket Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) kepada dosen ahli di Unimed dan Guru SMA Negeri 7 Medan. Hasil validasi LKS diperoleh aspek kelayakan isi (3,43), untuk kelayakan bahasa (3,57), untuk kelayakan penyajian (3,79) serta untuk aspek inquiry training (3,47). LKS yang sudah valid dibuat dalam bentuk hard copy dan diujicobakan di kelas XI IPA 6 (sebagai kelas eksperimen) dan IPA 2 (sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan LKS yang telah dikembangkan) dengan tes keterampilan proses sains.
Hasil pretes rata-rata yang diperoleh di kelas eksperimen 31,67 dan kelas kontrol 30,67. Rata-rata nilai tes akhir pada kelas eksperimen sebesar 62,0 dan kelas kontrol sebesar 51,3. Peningkatan N-gain kelas eksperimen adalah 68,59% dan peningkatan kelas kontrol 61,44 %. Hasil pengujian hipotesis thitung (3,423) > t tabel (1,671) maka Ha diterima yaitu peningkatan keterampilan proses sains siswa menggunakan LKS berbasis inquiry training pada materi pokok momentum dan impuls lebih tinggi daripada peningkatan keterampilan proses sains siswa secara konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 134
Keywords: LKS, BSNP, Inquiry training, Validasi,Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 11:53
Last Modified: 25 Feb 2020 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34467

Actions (login required)

View Item
View Item