CANIAGO, RIVALDI (2019) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5143321016 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM 5143321016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
3. NIM 5143321016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4 NIM 5143321016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. NIM 5143321016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM 5143321016 TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 5143321016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 514332016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 5143321016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
13. NIM 5143321016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 5143321016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar mata pelajaran teknik pemesinan bubut. Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk diantaranya motivasi belajar dan kecerdasan emosional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, (2) mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional
dengan hasil belajar, (3) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII teknik pemesinan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam sebanyak 63 orang siswa. Dan jumlah sampel penelitian yaitu keseluruhan dari populasi sebanyak 63 orang siswa. Teknik Pengumpulan data penelitian untuk variabel bebas menggunakan angket, sedangkan variabel terikat menggunakan Dokumentasi. Validitas isi diperoleh melalui expert judgment. Validitas instrument menggunakan korelasi product moment pearson. Reliabilitas instrument angket dengan koefisien alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) analisis deskriptif. (2)
uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas. (3) Uji hipotesis meliputi korelasi product moment, dan korelasi ganda. Hasil penelitian
menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara motivasi belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut dengan nilai ryx1 > rtabel =
0,619 > 0,248 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. (2) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar teknik
pemesinan bubut dengan nilai ryx2 > rtabel = 0,549 > 0,248 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. (3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara
motivasi belajar dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar dengan nilai R = 0,748. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kecerdasan emosional mempunyai hubungan yang positif dan berarti terhadap hasil belajar teknik pemesinan bubut. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar dan kecerdasan emosional, maka semakin tinggi
pula hasil belajar teknik pemesinan bubut siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MSN 007 |
Keywords: | Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Teknik Permesinan Bubut, SMK |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:48 |
Last Modified: | 15 May 2019 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34460 |