Situmorang, Rosdiana (2011) ANALISIS ASESMEN YANG DIGUNAKAN GURU PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA SE-KECAMATAN MEDAN HELVETIA. Masters thesis, UNIMED.
809735016 Judul.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
809735016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
809735016 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
809735016 Abstrak.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
809735016 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
809735016 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
809735016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
809735016 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
809735016 Bab I.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
809735016 Bab V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
809735016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis asesmen yang digunakan guru biologi SMA Se-Kecamatan Medan Helvetia yaitu pemahaman guru tentang asesmen, jenis-jenis asesmen dan model asesmen yang digunakan guru biologi serta ranah/kemampuan siswa yang diukur melalui asesmen yang digunakan. Objek penelitian adalah guru mata pelajaran biologi yang mengajar di kelas XI dari 15 SMA Se-Kecamatan Medan Helvetia yang berjumlah 13 orang. Alat pengumpul data penelitian menggunakan lembar observasi, lembar kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan guru biologi SMA Se-Kecamatan Medan Helvetia telah memiliki pemahaman yang baik akan asesmen. Jenis asesmen yang digunakan terdiri dari asesmen tradisional (formatif dan sumatif) dan asesmen autentik (essay, praktek, makalah, penilaian proyek, kuesioner, inventori, daftar cek, penilaian sebaya, penilaian diri, portofolio, observasi kinerja, penilaian diskusi dan interviu). Alasan guru memilih asesmen tradisional umumnya karena asesmen tersebut lebih mudah digunakan dan lebih cepat melakukan penilaian. Untuk asesmen autentik alasan yang dinyatakan guru umumnya adalah karena melalui asesmen tersebut siswa dapat mendemonstrasikan suatu proses. Dari semua asesmen autentik yang digunakan guru, hanya penilaian praktek yang memiliki kriteria penilaian. Jenis kemampuan siswa yang diukur melalui asesmen yang digunakan hanya mengukur ranah kognitif siswa dan dominan mengukur kognitif tingkat rendah (C1-C3), sedangkan aspek afektif dan psikomotor tidak diukur. Sebaiknya dilakukan pelatihan terhadap guru-guru biologi tentang pemanfaatan asesmen sebagai sarana perbaikan mutu pendidikan, pemanfaatan semua jenis-jenis asesmen dalam proses pembelajaran, penyusunan kriteria penilaian dari asesmen yang digunakan dan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal-soal yang berkategori kognitif tingkat tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.7 Sit a |
Keywords: | Guru; Biologi; Asesmen tradisional; Asesmen nontes; Taksonomi pengetahuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 Jun 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3445 |