OCTAFRILIDYA, KHLARA (2018) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERSOSIALISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMP SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141151023_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1141151023_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 1141151023_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM. 1141151023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 1141151023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1141151023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1141151023_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM. 1141151023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1141151023_BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM. 1141151023_BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM. 1141151023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan siswa dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah SMP Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April s/d Juni 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto dan pendekatan korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 50 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Data penelitian ini dikumpul dengan menggunakan instrumen skala kecerdasan emosional yang berjumlah 34 item pernyataan yang telah valid dan reliabel dan instrumen skala kemampuan siswa dalam bersosialisasi yang berjumlah 28 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan uji korelasi product moment. Dari analisis data diperoleh rxy = 0,48 Pada taraf signifikan α = 0,05 dengan sampel 50, dari daftar table product momentdiperoleh rtabel= 0,284. Dengan membandingkan kedua hasil tersebut diperoleh rxy > rtabel yaitu 0,48 > 0,284. Dilihat dari uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh = 3,82 pada taraf signifikan =0,05 dari daftar tabel t diperoleh = 1,67722 dengan membandingkan kedua hasil tersebut diperoleh > = 3,82> 1,67722 maka hipotesis alternatif (H ) diterima sedangkan hipotesis nol (H ) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan siswa dalam bersosialisasi, dengan kontribusi kecerdasan emosional sebesar 23% terhadap kemampuan siswa dalam bersosialisasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 051 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional,Kemampuan Bersosialisasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:26 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34429 |