BR SINULAKI, KRISTIANI AGUSTIA (2018) INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN ASAM-BASA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141131027 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 4141131027 APRROVAL SHEET-output.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM 4141131027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
4. NIM 4141131027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
5. NIM 4141131027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
6. NIM 4141131027 TABLES.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
7. NIM 4141131027 IILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
8. NIM 4141131027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
9. NIM 4141131027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
13. NIM 4141131027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
14. NIM 4141131027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian pengembangan dan eksperimen, dimana produk penelitian ini adalah bahan ajar inovatif berbasis proyek pada pembelajaran Kesetimbangan Asam-Basa. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan dengan melibatkan mahasiswa semester IV Jurusan Kimia sebagai sampel untuk uji coba bahan ajar.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar yang inovatif berbasis proyek pada pembelajaran Kesetimbangan Asam-Basa, (2)memperoleh proyek yang sesuai untuk bahan ajar inovatif pada pembelajaran Kesetimbangan Asam-Basa, (3) memperoleh bahan ajar inovatif yang valid pada pembelajaran Kesetimbangan Asam-Basa, (4) mengetahui tanggapan mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar inovatif berbasis proyek pada pembelajaran Kesetimbangan Asam-Basa, (5) mengetahui efektivitas bahan ajar dalam meningkatkan kompetensi peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai validasi untuk aspek kelayakan isi adalah 3,11, aspek kelayakan penyajian 3,44, aspek kelayakan bahasa 3,44 dan untuk aspek kegrafikan adalah 3,33. Dari hasil tersebut didapat rata-rata nilai validasi oleh dosen sebesar 3,33 yang berarti bahan ajar inovatif berbasis proyek sudah valid dan tidak perlu direvisi. Langkah selanjutnyaadalahuji coba bahan ajar dengan pengerjaan proyek yang dilakukan di laboratorium kimia oleh mahasiswa, berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada saat pengerjaan proyek maka didapat rata-rata persentase nilai psikomotorik pada interval 84%-93,93%, dan tanggapan mahasiswa juga cukup baik dengan persentase kepuasan sebesar 79,16%-89,58%. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar inovatif berbasis proyek sudah cukup efektif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 135 |
Keywords: | Bahan Ajar;Inovasi;Pembelajaran Berbasis Proyek;Kesetimbangan Asam-Basa |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:20 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34418 |