HIDAYAT, RIAN (2018) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133321015 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 5133321015 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
3. NIM. 5133321015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 5133321015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5. NIM. 5133321015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM. 5133321015 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7. NIM. 5133321015 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
8. NIM. 5133321015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
12. NIM. 5133321015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
13. NIM. 5133321015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Hubungan Disiplin Belajar Siswa dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan berjumlah 90 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian adalah 73 orang siswa kelas XI yang ditentukan secara acak. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Disiplin Belajar siswa dan Motivassi Berpreestasi. Sedangkan untuk variabel Hasil Belajar Menggambar Teknik dijaring dengan menggunakan dokumentasi nilai ujian. Jumlah instrumen angket Disiplin Belajar Siswa sebanyak 30 soal dan 25 soal yang valid dengan reliabilitas 0,921 tergolong sangat kuat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji korelasi antara variabel X1 dengan Y diperoleh bahwa rhitung = 0,499 dan nilai rtabel pada α = 0,05 adalah 0,227. Hal ini berarti rhiutng > rtabel, maka hipotesis diterima. Dan untuk variabel X2 dengan Y diperoleh rhitung = 0,430 nilai rtabel pada α = 0,05 adalah 0,227 . Hal ini berarti rhitung > rtabel, maka hipotesis diterima. Hasil analisis regresi sebagai berikut : Fh = 0,0184 harga Ft = 3,13 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Fh < Ft (0,0184 ≤ 3,13). Bahwa persamaan regresi Y = 29,897 + 0,336 X1 + 0,239 X2 dapat ditarik kesimpulan mengenai hubungan antara Disiplin 79+
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 050 |
Keywords: | Disiplin Belajar Siswa, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Menggambar Teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:52 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34360 |