OMPUSUNGGU, PORMAN TRIAVENA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE CERAMAH BERBASIS IT DAN METODE CERAMAH KONVENSIONAL PADA MATERI HIDROSFER DI KELAS X IPS SMA NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3142131021 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 3142131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
3. NIM. 3142131021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 3142131021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5. NIM. 3142131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 3142131021 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3142131021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3142131021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 3142131021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14. NIM. 3142131021 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
15. NIM. 3142131021 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah berbasis IT pada materi hidrosfer. (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah konvensional pada materi hidrosfer. (3) perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode ceramah berbasis IT dengan metode ceramah konvensional pada materi hidrosfer di kelas X IPS SMA Negeri 3 Pematangsiantar T.A 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Pematangsiantar tahun 2018. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 131 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X IPS 2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan metode ceramah berbasis IT dan X IPS 4 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu 69,61 dengan standar deviasi 17,14, (2) nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 83,67 dengan standar deviasi 8,12. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan metode ceramah berbasis IT dan metode ceramah konvensional pada materi hidrosfer di kelas X IPA SMA Negeri 3 Pematangsiantar T.A 2017/2018. Berdasarkan hasil uji statisik t hitung > t tabel (4,48 > 1,66864) dengan dk 65 pada taraf ɑ = 0,05 maka dinyatakan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 085 |
Keywords: | Ceramah,berbasis IT, Konvensional, dan Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:49 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34354 |