ARIANI, RIKA (2018) ANALISIS HASIL BELAJAR MERUBAH POLA BLUS SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI I STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133341006 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2. NIM. 5133341006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
3. NIM. 5133341006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 5133341006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 5133341006 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 5133341006 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 5133341006 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM. 5133341006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5133341006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
13. NIM. 5133341006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 5133341006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar merubah pola blus siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2018. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Stabat. metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu strategi yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang gejala-gejala yang ada pada suatu objek penelitian. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI Tata Busana 2 SMK Negeri 1 Stabat. Pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan pengertian Purposive sampling diatas, dikarenakan keterbatasan waktu, dana peneliti dan salah satu kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat sedang PKL atau Prakrin, maka yang menjadi sample dalam penelitian ini kelas XI Tata Busana 2 adalah sebanyak 35 siswa . Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian yang dibagikan ke lima pengamat dengan indikator penilaian yang berisi butir-butir pernyataan yang berkaitan dengan hasil merubah pola blus . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar merubah pola blus siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat Baik. Hasil rata-rata hitung hasil belajar siswa yaitu 87,52 standart deviasi 5,10 dengan nilai tertinggi 98,33 dan nilai terendah 76,66. Setelah dilakukan uji coba kesepakatan pengamat diperoleh F_hitung = 0,023276. Jika dibandingkan dengan F_(tabel ) = 5% dan dk = 4 : 30 diperoleh Ftabel = 2,69 , sehingga di ketahui F_hitung < F_(tabel ) (0. 023276 < 2, 87. Berdasarkan pengamatan dari 5 orang pengamat dimana terdapat 9 indikator yaitu Kesesuaian / Ketepatan tanda-tanda pola bagian depan, Kesesuaian / Ketepatan tanda-tanda pola bagian belakang, Merubah Pola Bagian Depan, Merubah Pola Bagian Belakang, Kesesuaian /ketepatan ukuran merubah pola lengan, Membuat Uraian Pola, Kesesuaian Rancangan Bahan, Kerapihan Hasil Kerja, Kebersihan Hasil Kerja. Diketahui hasil belajar tertinggi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Stabat dalam merubah pola blus dengan terdapat pada indikator kesesuaian/ketepatan tanda-tanda pola bagian belakang dengan memperoleh skor 3,74 sedangkan hasil belajar terendah terdapat pada indikator ketepatan ukuran merubah pola lengan dengan memperoleh skor 3,21
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 027 |
Keywords: | Merubah Pola Blus Kerah Setali, Smk Negeri I Stabat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:49 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34352 |