luthfiyyah, ifni (2018) KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS XI SMA YPI DHARMA BUDI SIDAMANIK TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133111033 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
3. NIM 2133111033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 2133111033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM 2133111033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
8. NIM 2133111033 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
12. NIM 2133111033 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
13. NIM 2133111033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas XI SMA YPI Dharma Budi Sidamanik 2017/2018. Sumber data dari penelitian ini adalah arsip yang ada pada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah tersebut. Instrumen pada penelitian ini adalah hasil karangan siswa yang dijadikan sebagai alat ukur untuk mengetahui kesesuaian unsur intrinsik dari karangan siswa, karangan tersebut didapat dari guru yang telah memberikan tugas kepada siswa mengenai teks cerita pendek berdasarkan pengalaman pribadi siswa, dalam menulis teks tersebut harus memenuhi ketentuan dan syarat teks cerita pendek berdasarkan pengalaman pribadi itu sendiri seperti unsur intrinsik. Metode yang dilakukan penulis pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode ini digunakan sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian yang bersifat menggambarkan kemampuan siswa kelas XI SMA YPI Dharma Budi Sidamanik Tahun Pembelajaran 2017/2018. Dari 31 siswa yang diteliti diperoleh data-data penilaian untuk setiap aspek yaitu aspek tema 97,8 (berada pada tingkat sangat baik), aspek alur 44 (berada pada tingkat kurang), aspek penokohan 71 (berada pada tingkat cukup), aspek sudut pandang 78,4 (berada pada tingkat baik), aspek latar 71 (berada pada tingkat cukup), aspek gaya bahasa 67 (berada pada tingkat cukup), aspek amanat 63,4 (berada pada tingkat cukup). Data yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai kesesuaian unsur intrinsik pada penulisan teks cerita pendek berdasarkan pengalaman pribadi yang tertinggi adalah skor 14,67 dengan nilai 97,8. Sedangkan hasil tes terendah adalah skor 6,61 dengan nilai 44. Untuk nilai rata-rata skor 74,19 dan dikategorikan berdasarkan kriteria cukup. Berdasarkan analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa hal ini menunjukkan kesesuaian unsur intrinsik teks cerita pendek berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas XI SMA YPI Dharma Budi Sidamanik Tahun Pembelajaran 2017/2018 memperoleh rata-rata nilai skor 74,19dengan kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 116 |
Keywords: | Kemampuan, menulis, cerpen, pengalaman hidup |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:27 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34307 |