MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI MEDIASI PADA PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN T.P 2017/2018

WIRAWAN, INDAH PUTRI (2018) MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI MEDIASI PADA PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7133141034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7133141034 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7133141034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7133141034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7133141034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7133141034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7133141034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7133141034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7133141034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7133141034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7133141034 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7133141034 TABLES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7133141034 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7133141034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7133141034 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7133141034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7133141034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7133141034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7133141034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7133141034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7133141034 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7133141034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPS”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar sebagai mediasi pada pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 35 Medan Jl. William Iskandar Ps. V Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan yang berjumlah 213. Sampel penelitian ini berjumlah 138 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan semasa PPLT 2017, penggunaan angket untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi orang tua, perhatian orang tua, dan motivasi belajar, sedangkan prestasi belajar di peroleh menggunakan dokumentasi dari daftar nilai mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil perhitungan regresi berganda menggunakan analisis jalur yang dilihat dari output SPSS 20 diperoleh tiga persamaan regresi. Persamaan pertama yaitu X_3=0,229X_1+0,451X_2+0,824 dengan hasil uji t (parsial) kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar diperoleh nilai t_hitung>t_tabel yaitu 3,064 > 1,656 pada sig. α 0,003 < 0,05 dan hasil uji t (parsial) perhatian orang tua terhadap motivasi belajar diperoleh nilai t_hitung>t_tabel yaitu 6,027 > 1,656 pada sig. 0,000 < 0,05.Dengan demikian terdapat pengaruh positif dan signifikan kondisi sosial ekonomi orang tua dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Hasil uji f (simultan) pada persamaan ini diperoleh nilai f_hitung>f_tabel yaitu 31,810 > 2,67 pada sig. 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan perhatian orang tua secara bersama-sama dapat mempengaruhi variabel motivasi belajar siswa sebesar 32% dan sisanya dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini.
Persamaan kedua yaitu Y=0,152X_1+0,402X_2+0,409X_3+0,626 dengan hasil uji t (parsial) kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar diperoleh nilai t_hitung>t_tabel yaitu 2,574 > 1,656 pada sig. 0,011 < 0,05, hasil uji t (parsial) perhatian orang tua terhadap prestasi belajar diperoleh nilai t_hitung>t_tabel yaitu 6,256 > 1,656 pada sig. 0,000 < 0,05, dan hasil uji t (parsial) motivasi belajar terhadap prestasi belajar diperoleh nilai t_hitung>t_tabel yaitu 6,234 > 1,656 pada sig. 0,000 < 0,05. Dengan demikian terdapat pengaruh positif dan signifikan kondisi sosial ekonomi orang tua, perhatian orang tua, dan motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 EKO 077
Keywords: Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua. Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 10:14
Last Modified: 21 Feb 2020 02:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34284

Actions (login required)

View Item
View Item