ALFIANSYAH, ARI (2018) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TAMBUA TANSA DI SD MUHAMMADIYAH 01 AEKKANOPAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2113340006 COVER.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
2. NIM. 2113340006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM. 2113340006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 2113340006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM. 2113340006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 2113340006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 2113340006 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 2113340006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
12. NIM. 2113340006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
13. NIM. 2113340006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Ekstrakurikuler Tambua Tansa di SD Muhammadiyah 01 Aekkanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara
Dalam penelitian ini didukung oleh teori-teori yang bertujuan agar hasil dari suatu studi kepustakaan yang saling berhubungan (relevan) terhadap pokok permasalahan yang hendak diteliti. Adapun teori yang digunakan yaitu, pengertian pembelajaran, teori metode pembelajaran, teori hasil belajar, pengertian tambua tansa, pengertian instrumen, teori musik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilkaukan di SD Muhammadiyah 01 Aekkanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara, dengan waktu penelitian pada bulan April sampai Juni Tahun 2018. Populasi dan sampel penelitian ini adalah para siswa yang ikut ekstrakurikuler Tambua Tansa di SD Muhammadiyah 01 Aek Kanopan yang berjumlah delapan (8) orang siswa dan satu (1) orang pelatih. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Seluruh data yang didapatkan melalui metode tersebut dikumpulkan dan dianalisis disusun secara sistematis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka diketahui bahwa menggunakan metode sosiodrama, metode orientasi, metode domonstrasi dan metode eksperimen. materi yang diajarkan materi yang langsung diciptkan oleh pelatih, salah satunya materi karya yang berjudul “Sorak Sorai”. Hasil pembelajaran diperoleh siswa secara universal, yang dilakukan secara merangkap dari hasil latihan hingga penampilan dan diikuti ekstrakurikuler Tambua Tansa di SD Muhammadiyah 01 Aekkanopan, dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal proses evaluasi terus dilakuan selama latihan Tambua Tansa berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSK 033 |
Keywords: | Pembelajaran, Tambua Tansa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:09 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34274 |