JULIASTY, DEWI (2018) PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA CELANA PRIA DEWASA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131141007 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 5131141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
3. NIM. 5131141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. NIM. 5131141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 5131141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 5131141007 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 5131141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM. 5131141007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5131141007 LIST OF STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 5131141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
14. NIM. 5131141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
15. NIM. 5131141007 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar membuat pola celana pria dewasa menggunakan model pembelajaran explicit instruction berbantuan media power point terhadap siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kisaran. 2) Untuk mengetahui hasil belajar membuat pola celana pria dewasa tanpa menggunakan model pembelajaran explicit instruction berbantuan media power point terhadap siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kisaran. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran explicit instruction berbantuan media power point terhadap hasil belajar membuat pola celana pria dewasa. Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran, sebanyak dua kelas dengan jumlah 62 siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan Total Samplingyaitu sampel merupakan seluruh populasi kelas XI Tata Busana. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat pola celana pria dewasa dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan pada hasil membuat pola celana pria dewasa. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis menggunakanteknikanalisa data uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar membuat pola celana pria dewasa pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran untuk kelas eksperimen cenderung tinggi yaitu 69%. Dan tingkat kecenderungan hasil membuat pola celana pria dewasa untuk kelas kontrol cenderung rendah yaitu 67%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk=31, diperoleh data hasil belajar membuatpolacelanapriadewasa kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung< Ltabel = 0,024 < 0,160dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel = 0,004 < 0,160. Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,61<1,85 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 22,9 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dk = 60 sebesar 1,67. Dengan demikian thitung >ttabel (22,9> 1,67). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Membuat Pola Celana Pria Dewasa. Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kisaran. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa penerapan model pembelajaran explicit instruction berbantuan media power point baik digunakan di SMK Negeri 1 Kisaran terutama dalam mata pelajaran Pembuatan Pola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 030 |
Keywords: | Explicit Instruction, Power Point, Pola Celana Pria |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:06 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34268 |