MARBUN, BOBY JUNIOR (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1142111014_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 1142111014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM. 1142111014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 1142111014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. NIM. 1142111014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 1142111014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1142111014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1142111014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1142111014_BAB I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
13. NIM. 1142111014_BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. NIM. 1142111014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SDN 101765 Bandar Setia T.A 2017/2018?. Bagaimana tingkat motivasi belajar siswa saat mengikuti mata pelajaran IPS. Bagaimana tingkat penggunaan media pembelajaran pada saat mata pelajaran IPS di kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A 2017/2018.
Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SDN 101765 Bandar Setia T.A 2017/2018. Mengetahui tingkat motivasi belajar siswa saat mengikuti mata pelajaran IPS. Mengetahui tingkat penggunaan media pembelajaran pada saat mata pelajaran IPS di kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A 2017/2018. Penelitian ini berjenis quasi experiment dan bersifat penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Melalui korelasional akan dicari pengaruh antara dua variabel yaitu Media Pembelajaran dengan motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Boring Sampling (total sampling)sampel yang memwakili jumlah populasi yang dianggap kecil atau kurang dari 100, maka didapat sampel berjumlah 34 orang siswa.
Berdasarkan Hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SDN 101765 Bandar Setia T.A 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan korelasi yakni nilai rhitung > rtabel (0,4450 > 0,339). Hasil korelasi selanjutnya diuji dengan hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung = 2.82 sedangkan ttabel = 2.0369 (dengan dk = n – 2 pada taraf signifikan α = 0.05 (5%), Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “terdapat pengaruh antara media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SDN 101765 Bandar Setia T.A 2017/2018 diterima).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 436 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 09:25 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 01:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34264 |