PASARIBU, FLOREN ALVITA (2018) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 7143341030 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2 NIM 7143341030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
3 NIM 7143341030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4 NIM 7143341030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5 NIM 7143341030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6 NIM 7143341030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7 NIM 7143341030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8 NIM 7143341030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9 NIM 7143341030 BAB I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
13 NIM 7143341030 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14 NIM 7143341030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Laguboti hal ini dimungkinkan karena kurang optimalnya perhatian orang tua kepada anak dan kurang memadainya pemanfaatan fasilitas internet sebagai sumber belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Laguboti T.P 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Laguboti yang berlokasi di Jalan Sekolah No. 3 Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba Samosir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa X SMA Negeri 1 Laguboti yang berjumlah 73 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah propotional random sampling dimana sampel penelitian ini berjumlah 73 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan uji realibilitas yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 20.0. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji lineritas, uji multikolinearitas, regresi linear berganda, dan uji hipotesis, yaitu uji t, uji F, uji determinasi yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS versi 20.0. Hasil uji t menunjukkan secara parsial lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai dimana thitung > ttabel sebesar 4,923 > 1,994 pada taraf signifikansi 95% (α=0,05), pemanfaatan internet sebagai sumber belajar memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel sebesar 7,131 > 1,994 pada taraf signifikansi 95% (α=0,05). Dan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa didapat dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 53,697 > 3,13. Hasil perhitungan persamaan regresi linier berganda Y = 13,157 + 0,230 X1 + 0,593X2 dengan koefisien determinasi sebesar 0,605. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Laguboti T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 078 |
Keywords: | Lingkungan Keluarga, Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar,Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 09:23 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34259 |